Bacaan Doa Niat Sholat Jenazah, Tata Cara dan Keutamaannya

Loading...
Advertisement


loading...

Bacaan Doa Niat Sholat Jenazah, Tata Cara dan Keutamaannya | inilah bacaan doa niat sholat jenazah yang sering dilafalkan oleh orang-orang dalam melakukan sholat jenazah. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa Sholat Jenazah adalah suatu sholat yang dilaksanakan dengan mengumandangkan takbir sebanyak 4 kali, dan memiliki hukum yaitu fardu kifayah atau kewajiban yang ditujukan kepada orang yang banyak, akan tetapi jika sebagian telah melaksanakannya maka gugurlah pada kewajiban untuk yang lain.

Seperti yang telah disabdakan oleh Rasulullah Muhammad Saw yaitu ” Sholatkanlah mayat-mayatmuu” (Hadis Riwayat. Ibnu Majah).
” Sholatkanlah olehmuu orang-orangg yang sudah meninggall yang sebelumnya mengucapkann laa ilaaha illallaahh” (Hadis Riwayat Ad-Daruruquthni).

Keutamaan kepada orang-orang yang mensholatkan jenazah telah dijelaskan dalam hadis sebagai berikut: Dari Abu Hurairah Ra, Rasulullah pernah bersabda: “Siapaa yang mengiringii jenazah dan turutt mensholatkannya maka ia memperolehh pahala sebesar satu qirathh (Pahala sebesarr satu gunungg), dan siapa yang mengiringinyaa sampai selesai penyelenggaraannyaa, ia akann memperoleh duaa qirath” (Hadis Riwayat Jama’ah dan Muslim).

Bacaan Doa Niat Sholat Jenazah, Tata Cara dan Keutamaannya

bacaan doa niat sholat jenazah

Adapun syarat-syarat dalam sholat jenazah yaitu sebagai berikut:
1. Menutup adanya aurat, harus suci dari hadats kecil dan besar, badan yang bersih dan pakaian serta tempat yang dari najis, dan menghadap mengarah kiblatt. Hal tersebut sama dengan sholat biasanya.
2. Jenazah yang telah dimandikan dan dikafani
3. Letak jenazah berada di sebelah kiblat orang yang ingin mensholatkannya kecuali untuk sholat ghoib.

Adapun rukun sholat jenazah yaitu dianggap sah ketika memiliki niat, berdiri untuk orang yang mampu, bertakbir sebanyak 4 kali, membaca surat al fatihah, membacakan sholawat atas nabi, mendoakan mayat, selanjutnya memberi salam.

Adapun sunnah sholat jenazah yaitu mengangkat tangan pada setiap takbir dalam empat takbir, merendahkan suara bacaan atau sirr, membaca ta’awuz, disunnahkan untuk banyak pengikutnya dan memperbanyak shaf.

Shaf ini diperkuat dengan adanya hadis yang telah diriwayatkan oleh Ahmad, Abu Dawud dan Ibnu Majah yaitu “Setiapp orang mu’min yang meninggall, lalu dishalatkann oleh Umat Islam yang banyaknyaa sampai tiga shaff akan diampuni dosanyaa. Oleh sebab ituu Malik bin Hubairah selaluu berusaha membentukk tiga shaf, jika jumlah orangg yang sholat jenazah tidakk banyak.

Nah, itulah sedikit wawasan tentang sholat jenazah, selanjutnya kita akan memasuki bacaan doa niat sholat jenazah yaitu sebagai berikut:

Bacaan niat sholat jenazah.
Dalam bacaan niat sholat jenazah, boleh dilafalkan dalam hati atau di ucapkan sesuai dengan keinginan hati anda.

اُصَلِّي علي هذا الَميّتِ ِلله تعالي

Ushallii ‘alaa haadzal mayyiti lillaahi ta’aala

Aku niatt menshalatkan mayyit ini, kkarena Allah Ta’aala

Lafadz
هذا الَميّتِ /haadzal mayyiti
diganti dengan
هذه الَميّتِة /haadzihil mayyitati
jika mayatnya seorang perempuan.

Bacaan doa sholat jenazah pada takbir pertama
Adapun bacaan doa sholat jenazah dalam takbir pertama dengan dibacakan surat Al-Fatihah. Berdasarkan pendapat qoul ulama fiqih yang shahih bahwa pada bacaan fatihah didalam sholat jenazah itu tidak diawali dengan membacakan bacaan doa iftitah dan tidak disertai dengan membaca surat pendek untuk sesudahnya, seperti sholat yang biasa dilakukan. Namun disunnatkan untuk membaca terlebih dahulu ta’aqqudz sebelum membacakan al fatihah.

أعوذ بالله من الشيطان الرجيم

A’uudzubillaahi minasy syaithaanir rajiim

Aku berlindungg dari syaitan yang terkutukk

Lalu selanjutnya kita membaca surat Al Fatihah.

loading...

Bacaan doa sholat jenazah setelah takbir kedua
Adapun bacaan doa sholat jenazah pada saat setelah takbir kedua yaitu dengan membaca sholawat untuk nabi.

أللهم صَلِّ علي محمد وعلي ألِ محمد كما صَلَيْتَ علي إبراهيم وعلي أل إبراهيم وبارِكْ علي محمد وعلي أل محمد كما باركت علي إبراهيم وعلي أل إبراهيم في العالمين إنك حميد مجيد

Allaahumma shalli ‘alaa  muhammadin, wa ‘alaa aali  muhammadin, kamaa shallaita ‘alaa ibraahiima, wa ‘alaa aali  ibraahiima. Wa baarik ‘alaa  muhammadin, wa ‘alaa aali  muhammadin, kamaa baarakta ‘alaa ibraahiima, wa ‘alaa aali  ibraahiima.  Fil ‘aalamiina innaka hamiidum majiid.

“Ya Allah, berilahh rahmat kepada Muhammad dann keluarganya, sebagaimana Engkauu telah memberikan rahmatt kepada Ibrahim dan keluarganya. Sessungguhnya Engkau Maha Terpujii dan Maha Agung. Berilah berkahh kepada Muhammad dan keluarganyaa (termasuk anak dan istri atau umattnya), sebagaimanaa Engkau telah memberi berkahh kepada Ibrahim dan keluargaanya. Sesungguhnya Engkauu Maha Terpujii dan Maha Agung.”

Bacaan doa sholat jenazah pada takbir ke tiga
Adapun bacaan doa sholat jenazah pada saat di takbir ketiga yaitu membaca doa sebagai berikut:

اللهم اغْفِرْ لَهُ وارْحَمهُ وعافِهِ واعفُ عنه وأَكْرِمْ نُزولَهُ ووسِّعْ مَدخلَهُ واغْسِلْهُ بِماءٍ وثَلْج وبَرَدٍ ونَقِهِ من الخَطايا كما يُنَقَي الثَوبُ الأَبْيَضُ مِنِ الدَنَسِ وأَبْدِلْهُ دارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ وأَهْلًا خَيْراً من أهلِهِ وَزَوْجًا خَيْراً مِن زَوْجِهِ وَقِهِ فِتْنَةَ القَبْرِ وعَذَابَ النارِ

Allaahummaghfirlahu, warhamhu, wa ‘aafihi, wa’fu ‘anhu, wa akrim nuzuulahu, wa wassi’ madkhalahu, waghsilhu bimaa-in watsaljin wabaradin, wanaqqihi minal khathaayaa kamaa yunaqqats tsaubul abyadhu minaddanasi, wa abdilhu daaran khairan min daarihi, wa ahlan khairan min ahlihi, wa zaujan khairan min zaujihi, waqihi fitnatal qabri wa ‘adzaabannaar.

Ya Allah, amppunilah dia, rahmatilahh dia, maafkanlah dia,  ampunilahh kesalahannya, muliakanlahh kematiannya, lapangkannlah kuburannya, cucilahh kesalahannya dengan airr, es dan embun  sebagaimanaa mencuci pakaian putih darii kotoran, gantilah rumahnya dengann rumah yang lebih baik, gantilahh keluarganya dengan keluargaa yang lebih baik, gantilahh istrinya dengan isri yang llebih baik, hindarkanlahh dari fitnah kubur dan siksa nerakaa.

Bacaan doa sholat jenazah saat takbir ke empat
Adapun bacaan doa sholat jenazah yang akan dibacakan pada saat takbir ke empat yaitu sebagai berikut:

اللهُمّ لاتَحرِمْنا أَجْرَهُ ولاتَفْتِنّا بَعدَهُ

Allaahumma laa tahrimnaa ajrahu, walaa taftinnaa ba’dah

Ya Allah, janganllah Engkau haramkan Kamii dari pahalanya, dan janganlah Engkauu beri fitnah pada kamii setelah kematiannya.

Bacaan salam.
Setelah membacakan doa sholat jenazah pada takbir ke empat, maka selanjutnya bacalah salam.

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Assalaamu ‘alaikum warahmatullaahi wa barakaatuh

“Keselamatan, rahmatt Allah dan keberkahan-Nya semogga untuk tkalian semua”

Baca juga:

Demikianlah artikel tentang bacaan doa niat sholat jenazah, tata cara dan keutamaannya. Mudah-mudahan artikel ini dapat bernilai manfaat didalam menambah pengetahuan kita tentang sholat jenazah. Hal ini sangat diperlukan untuk bisa kita laksanakan kepada orang yang kita sayangi termasuk orang tua kita. Jangan sampai orang tua kita disholatkan oleh orang lain, sedangkan untuk anaknya sendiri tidak menyholatinya.

About these ads
Bacaan Doa Niat Sholat Jenazah, Tata Cara dan Keutamaannya | Nur | 4.5