Doa Sebelum Tidur dan Bangun Tidur Ala Rasulullah

Loading...
Advertisement


loading...

Doa Sebelum Tidur dan Bangun Tidur Ala Rasulullah | Inilah doa sebelum tidur yang sering digunakan oleh Rasulullah ketika ingin tidur, jika ingin tidur maka sebaiknya anda membaca doa ini agar terhindar dari segala gangguan syetan. Sebelum kita masuk pada doa sebelum tidur, ada baiknya kita membahas terlebih dahulu apa sih itu tidur?

Dari beberapa pengertian tidur yang diterangkan oleh para ahli diantaranya:
– Pengertian tidur menurut Guyton dan Hall 1997 menjelaskan bahwa tidur adalah suatu kondisi bawah sadar dimana seseorang masih bisa dibangunkan ketika dilakukan pemberian ransang sensorik atau rangsangan yang lainnya.

– Pengertian tidur menurut Potter dan Perry bahwa Tidur adalah suatu proses fisiologis yang memiliki siklus bergantian dengan butuh periode yang lebih lama sehingga muncul keterjagaan.

– Pengertian Tidur menurut Guyto dalam Aziz ALimul H bahwa tidur merupakan suatu keadaan tidak sadar dimana setip orang bisa dibangunkan oleh adanya stimulasi

Tidur adalah sebuah kondisi yang relatif tanpa sadar yang penuh ke tangan tanpa kegiatan yang memilik urutan siklus yang terjadi berulang-ulang dan masing-masing dapat menyatakan fase kegiatan otak dan badan yang berbeda antara satu sama lain.

Berdasarkan uraian pengertian tidur diatas maka kita sudah mengetahui apa itu tidur.

Doa Sebelum Tidur dan Bangun Tidur Ala Rasulullah

doa sebelum tidur

Nah, dalam tidur ternyata belumlah aman dari permasalahan karena ada beberapa kasus dalam tidur yang mengakibatkan orang tersebut meninggal dalam tidurnya. Entah itu disebut sebagai permasalahan atau bukan, karena yang namanya kematian kita tidak pernah kapan datangnya, bahkan ketika kita sedang tidur pun kematian masih tetap mendatangi kita. Seperti yang telah difirmankan oleh Allah Swt:

وَهُوَ الَّذِي يَتَوَفَّاكُمْ بِاللَّيْلِ وَيَعْلَمُ مَا جَرَحْتُمْ بِالنَّهَارِ ثُمَّ يَبْعَثُكُمْ فِيهِ لِيُقْضَى أَجَلٌ مُسَمًّى ثُمَّ إِلَيْهِ مَرْجِعُكُمْ ثُمَّ يُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

“Dan Dialahh yang menidurkan kamu di malamm hari dan Dia mengetahui apa yangg kamu kerjakan pada siang harii, kemudian Dia membangunkan kamu padaa siang hari untuk disempurnakann umur (mu) yang telah ditentukann, kemudian kepada Allah-lah kamu kembalii, lalu Dia memberitahukann kepadamu apa yang dahulu kkamu kerjakan.” (QS. Al An’am: 60).

اللَّهُ يَتَوَفَّى الْأَنْفُسَ حِينَ مَوْتِهَا وَالَّتِي لَمْ تَمُتْ فِي مَنَامِهَا فَيُمْسِكُ الَّتِي قَضَى عَلَيْهَا الْمَوْتَ وَيُرْسِلُ الْأُخْرَى إِلَى أَجَلٍ مُسَمًّى إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآَيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

“Allah memegangg jiwa (orang) ketika matinyaa dan (memegang) jiwa (orang) yang belum matii di waktu tidurnya; maka Dia tahanlahh jiwa (orang) yang telah Dia tetapkann kematiannya dan Dia melepaskann jiwa yang lain sampai waktu yangg ditentukan. Sesungguhnya pada yang demikiann itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagii kaum yang berpikir.” (QS. Al-Zumar: 42)

Adapun gangguan tidur yang dapat menyebabkan kematian yaitu:
Didalam dunia kemedisan bahwa dikenal suatu istilah yakni Sleep Apnea atau berhenti bernafas sejenak ketika sedang tidur yang disebabkan adanya gangguan pada saluran pernapasan. Dan ternyata kondisi tersebut dapat berakibat sangat fatal yaitu kematian yang disebabkan kurangnya osigen yang ada didalam tubuh. Dikutip dari web. Methode of Health.

Penelitian terbaru telah menunjukkan bahwa sleep apnea dapat meningkatkar resiko kematian dini terhadap seorang manula dan dewasa. Hal tersebut terjadi disebabkan para penderita sleep apnea akan mengalami gangguan penyumbatan pernapasan ketika sedang tidur sehingga dapat berhenti dalam bernapas. Adapun gejala dari penyakit yaitu sering mendengkur ketika sedang tidur

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh ilmuwan Dr. Naresh Punjaba yang berasal dari John Hopkins UNiversity School of Medicine, Baltimore,AS, bahwa gangguan tidur ini dapat meningkatkan resiko adanya kematian hingga sampai 40 persen. Sleep apnea dapat menyebabkan jumlah oksigen yang berada dalam tubuh akan berkurang sehingga jantung akan bekerja lebih keras. Hal tersebut kalau berlangsung secara berkepanjangan dapat memicu sebuah serangan stroke atau jantung.

Adapun fenomena Meninggal Dunia ketika sedang Tidur menurut di masa Rasulullah

Telah jauh-jauh hari bahwa Nabi Muhammad Saw telah memberikan petunjuk dalam tidur agar tak bisa menimbulkan bahaya, yaitu diantaranya tidur sambil memiringkan tubuh ke kanan, jadi tidak tidar sambil tengkurap.

loading...

Pernah diriwayatkan oleh Al-Hakim dari Abu Hurairah R.A, pernah suatu seketika bahwa nabi saw melewat seseorang yang sedang tidur tengkurap yang diatas perutnya, lalu kemudian beliau akhirnya menendang orang tersebut seraya berkata:

إنها ضجعة لا يحبها الله عز وجل

“Sesungguhnya (posisi tidur tengkurrap) itu adalah posisii tidur yang tidak disukai Allah Azza Wa Jalla.” (HR. Ahmad dan Al-Hakim. Beliau menyatakann bahwa sandanya shahih sesuai syarat muslim hanya saja Imam Bukhari dan Muslim tidak mmengeluarkanya).

Sesungguhnya penyebab kematian itu punya macam-macam sebab, namun sebenarnya kematian tetaplah satu. Selain dari Sleep Apnea bahwa masih ada sebab yang lainnya dimana dapat menjadi media datangnya kematian tersebut. Oleh karena Nabi Muhammad Saw memberikan tips yang terbaik untuk umatnya didalam menghadapi kematian yang datangnya tidak terduga ini.

Disebutkan dalam Shahihain, dari sabahat al-Bara’ bin Azib radliyallahuu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabdaa kepadanya;

إِذَا أَخَذْتَ مَضْجَعَكَ فَتَوَضَّأْ وُضُوءَكَ لِلصَّلَاةِ

“Apabila engkau hendak mendatangii pembaringan (tidur), maka hendaklahh berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumuu untuk melakukan shalat.” (HR. Bukahri dan Muslim serta yang lainnya).

Didalam menjelaskan faidah yang berasal dari perintah Nabi Muhammad Saw ini, Al-Hafidz ibnul Hajar telah menyebutkan beberapa hikmahnya yaitu agar dia tidur pada malam itu dalam kondisi suci agar disaat kematian datang menjemputnya maka dia telah berada dalam keadaan yang sempurna. Dari sinilah kita mengambil kesimbulan bahwa dianjurkannya untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi kematian dengan menjaga adanya kebersihan atau kesucian hati sebab kesucian hati jauh lebih sangat penting dibanding kesucian badan.

Nah, bagi adik-adik yang ingin terhindar dari bahaya tidur maka sebaiknya lakukan cara rasulullah, selain dari posisi tidur miring kekanan yang dianjurkan oleh Rasulullah maka dibawah ini terdapat doa sebelum tidur yang secara khusus diberikan oleh Rasulullah sehingga kita terbebas dari bahaya tidur.

DI ujung hadis al Bara’ yang ada diatas, maka Nabi Muhammad Saw telah mengajarkan mengenai doa khusus yaitu doa sebelum tidur dengan harapan kalau meninggal pada malam tersebut maka meninggalnya tetap berada dalam kesucian. Berikut doa sebelum tidur ala Rasulullah:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْلَمْتُ نَفْسِي إِلَيْكَ وَفَوَّضْتُ أَمْرِي إِلَيْكَ وَأَلْجَأْتُ ظَهْرِي إِلَيْكَ رَغْبَةً وَرَهْبَةً إِلَيْكَ لَا مَلْجَأَ وَلَا مَنْجَا مِنْكَ إِلَّا إِلَيْكَ آمَنْتُ بِكِتَابِكَ الَّذِي أَنْزَلْتَ وَبِنَبِيِّكَ الَّذِي أَرْسَلْتَ

Allaahumma innii aslamtu nafsii ilaika, wa fawadltu amrii ilaika, wa alja-tu dhahrii ilaika ragbatan wa rahbatan ilaika, laa malja-a wa laa manjaa minka illaa ilaika, aamantu bikitaabika alladzii anzalta wa binabiyyika alladzi arsalta

“Ya Allah, sesungguhnnya aku menyerahkan diriku kepadaa-Mu, dan aku menyerahkan urusankuu kepada-Mu, aku sandarkann urusanku kepada-Mu (agar Engkau menolonggku), dengan penuh harap dan takut pada-Muu, tidak ada tempat berlindung dan tempatt berlari dari azabMu, kecualii hanya kepada-Mu. Aku berimann kepada kitab-Mu yang Engkau turunkann dan aku beriman kepada Nabi-Mu yang Engkau utus.” (HR. Bukhari dan Muslim dengan lafadz milik Muslim).

Adapun doa sebelum tidur dan bangun tidur di ajarkan oleh Rasulullah yaitu.

1.    Do’a sebelum  tidur

بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ أَحْيَا وَبِاسْمِكَ أَمُوتُ

Bismikallaahuma Ahyaa wa Bismika Amuutu

Maksudnya: “Dengan menyebut nama-Mu, Ya Allah, aaku hidup dan dengan menyebut Nama-Muu aku mati.”
(Hadis Riwayat  Muslim)

2.    Doa bangun tidur :

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

Alhamdulillaahil Ladzii Ahyaanaa Ba’da Maa Amaatanaa Wailaihin Nusyuur

Maksudnya : “Segala pujii bagi Allah yang menghidupkan kami kembali setelah mematikann kami dan kepada-Nya (kami) akann dibangkitkan.”

Kedua-dua do’a tersebut di aambil daripada hadis sahih riwayat Muslim, dari Bara’ katanyaa :

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا أَخَذَ مَضْجَعَهُ قَالَ اللَّهُمَّ بِاسْمِكَ أَحْيَا وَبِاسْمِكَ أَمُوتُ وَإِذَا اسْتَيْقَظَ قَالَ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

“Bahwa Nabi shallallahuu ‘alaihi wasallam, apabila mulaii berbaring di tempat tidurnya membacca: “Allaahumma Bismika Ahyaa waamuutu” (Ya Allah, dengan Nama-Mu, aaku hidup dan dengan nama-Mu aku mati). Dan apabilaa bangun, beliau mmembaca: “Alhamdulillaahil Ladzii Ahyaanaa Ba’da Maa Amaatanaa Wailaihin Nusyuur” (Segala puji bagi Allah yyang menghidupkan kami kembali setelah mematikann kami dan kepada-Nya (kami) akan dibangkitkan).” (Hadis Riwayat Muslim)

Demikianlah artikel tentang  Doa sebelum tidur dan doa bangun tidur, semoga informasi ini dapat memberikan wawasan kepada anda untuk menambah pengetahuan anda tentang doa sebelum tidur dan doa bangun tidur.

About these ads
Doa Sebelum Tidur dan Bangun Tidur Ala Rasulullah | Nur | 4.5