Pengertian Najis, Macam-Macam & Cara Mensucikannya

Loading...
Advertisement


loading...

Pengertian Najis, Macam-Macam & Cara Mensucikannya|Secara umum, Pengertian Najis adalah suatu kotoran, jika kotoran tersebut menempel pada pakaian atau tempat maka tidak dapat digunakan untuk beribah (semisal shalat) sebelum kotoran tersebut disucikan dengan cara-cara tertentu sesuai dnegna tingkatan najis tersebut. Najis dibedakan dalam beberapa macam seperti yang dapat anda lihat dibawah ini.. 

Macam-Macam Najis

Menurut tingkatannya najis dibagi dalam tiga macam yaitu sebagai berikut… 
1. Najis Mukhaffatah, adalah najis yang ringan. Contoh air kencing bayi laki-laki yang belum makan sesuatu kecuali air susu ibunya. 
2. Najis Mutawasithah, adalah najis biasa atau sedang. Contohnya; nanah, darah, kotoran yang keluar dari qubul dan dubur manusia atau binatang (kecuali mati) dan bangkai (termasuk tulang dan bulunya). Bangkai, manusia, belalang dan ikan tidak dianggap najis. 
  • Najis Ainiyah, adalah najis yang nampak zatnya atau sifatnya misalnya warna, bau atau rasanya. 
  • Najis Hukmiah, adalah najis yang tidak nampak zatnya atau sifatnya, misalnya air kencing atua arak yang telah kering
3. Najis Mughallazah adalah najis yang berat. Contohnya air liur anjing atau babi
4. Najis Makfu (Najis Yang Dimanfaatkan)
Najis Makfu adalah najis yang tidak wajib untuk disucikan karena terlampau sedikit dan tidak dapat dibedakan antara yang terkena najis dan yang tidak terkena najis. Contohnya adalah darah atau nanah yang sedikit, bangkai hewan yang darahnya tidak mengalir, percikan air najis yang sedikit dan lain sebagainya. 

Cara Mensucikan Najis

Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membersihkan najis adalah sebagai berikut… 
1. Jika sesuatu itu terkena najis mukhaffafah, maka cara mensucikannya adalah dengan memercikkan air suci pada suatu yang terkena najis.
2. Jika suatu itu terkenal najis Mutawasithah (‘Ainiyah), maka cara mensucikannya adalah dengan mencuci hingga warna, bau, dan rasanya hilang. Kemudian dibasuh dengan air yang suci. 
3. Jika sesuatu itu terkena najis Mutawasithah (Hukmiyah), maka cara mensucikannya adalah dengan membasuh atau mengalirkan air suci di sesuatu yang terkena najis. 
4. Jika sesuatu itu terkena najis Mughallazah, maka cara mensucikannya adalah dengan mencucinya sampai tujuh kali dan salah satunya dicampur dengan debu atau tanah. Kemudian dibasuh atau mengalirkan air suci pada sesuatu yang terkena najis. 

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Najis, Macam-Macam & Cara Mensucikannya. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian najis, macam-macam najis dan cara mensucikan najis. Sekian dan terima kasih.

loading...

Informasi Penting

Setelah melihat Pengertian Najis, Macam-Macam & Cara Mensucikannya, sempatkanlah waktu anda untuk Koment dan SHARE sebagai tanda bahwa informasi Pengertian Najis, Macam-Macam & Cara Mensucikannya dapat anda terima, bermanfaat dan sebagai motivasi kami dalam menginformasikan bacaan doa-doa & niat muslim… 

Advertisements
Pengertian Najis, Macam-Macam & Cara Mensucikannya | Nur | 4.5